Senin, 02 April 2012

Raja Parultop Purba dan Datu Parulas Girsang

Dari buku Marga2 Batak karangan Drs Richard Sinaga mengenai marga PURBA.
Kita hanya mengenal marga Purba anak Toga Simamora. Kemudian katanya ada Purba anak Tuan Sorbadijae dari isteri kedua. Agar lebih jelas Purba anak Sorbadijae (Generasi ke 4 dari SiRajaBatak) adalah generasi ke 5 dari SiRaja Batak dan Purba dari Toga Simamora adalah generasi ke 7. Purba anak Tuan Sorbadijae ini mempunyai anak SIBORO generasi ke 6, sedang Purba Simamora menurut buku Batara Sangti ada juga menurunkan marga Siboro generasi ke 12. Nama Raja Parultop Purba yang menjadi leluhur Purba di Simalungun itu adalah generasi ke 9. Juga dalam buku Richard Sinaga ini di campurbaurkan dengan Datu Parulas anak Girsang generasi ke 5 dari Lumbantoruan (Anak Parhudatar generasi ke 4) atau generasi ke 13 dari SiRaja Batak.
NOTE : Seharusnya Datu Parulas (generasi ke 13 )anak Girsang dari Sihombing Lumbantoruan bukan person yang sama dengan Raja Parultop <== Raja Langit <== Gr Tentangniaji <== Sigulangbatu <== Purba <== Simamora. ( Raja Parultop generasi ke 11 ).
Kenyataan yang ada memang marga Girsang ada beberapa gabungan yang terdiri dari Sihombing Lumbantoruan, Purba, dan sisa2 tentera Jawa dalam Ekspedisi Pamalayu jilid II.
Sihombing ==> Lumbantoruan ==> Hariara ==> Raja Sipendek ==> Namora Muningan ==> Amparhudatar ==> Girsang.
Girsang dengan isteri pertama br Sianturi tetap di Nagasaribu dan Sitappurung, dari isteri kedua Br Manik melahirkan Datu Parulas atau Raja Ursa di Lehu Dairi.

1 komentar:

  1. Maaf sebelumnya di dalam tarombo yang ada pada kami "Raja Pendek" dan "Raja Muningan" atau "Namora Muningan" adalah sama, yang kedua "Amparhudatar" anaknya ada dua, yang pertama "Raja Martahan Bosi " dan yang kedua "Raja Bulus" anak dari "Raja Martahan Bosi " ada dua yang pertama "Raja Lahi Sabungan" atau " Ama Sakkap Doli" dan yang kedua baru Girsang.
    Kalo digambarkan kira2 seperti ini : Toga Sihombing ==> Borsak Sirumonggur (Lumbantoruan)===> Toga Hariara==> Raja Muningan/ Raja Pendek==> Appar Hudatar==> Raja Martahan Bosi (Op. Sakkap Doli)==> Raja Girsang

    BalasHapus