Kamis, 01 Maret 2012

ADA marga Sihombing Lumbantoruan sempat masuk marga Sitindaon.

Marga Sitindaon masuk Raja Oloan.
Ada juga dari marga Sihombing Lumbantoruan sempat masuk marga Sitindaon khususnya pomparan Hariara- Sariburaja di Tipang.
Borsak Sirumonggur anaknya 2 yaitu :
1. Jurbot Nabolon atau Hutagurgur
2. Gumbot Nabolon atau Hariara.
Hariara anaknya Raja Sipendek
Raja Sipendek anaknya Namora Muningan
Namora Muningan anaknya Parhudatar dan Namora Pujion
Namora Pujion anaknya SARIBURAJA, Mambirjalang dan Ompu Binjori.
SARIBURAJA anaknya : 1. Tunggul Nageduk tubu ni br Pandiangan.
2. Op Tondang tubu ni br Marbun
3. Op Raja Toba tubu ni br Marbun
Dari pomparan Tunggul Nageduk sebagian ada yang berdiam di Tipang, dan mereka sempat memakai marga Sitindaon dan Masuk si Raja Oloan.
PADA TAHUN 1990 TELAH DIADAKAN HORJA DI TIPANG untuk meresmikan kembalinya mereka ke pangkuan pomparan Borsak Sirumonggur dan TIDAK ada lagi hubungan dengan Raja Oloan.
Di Tipang yang dominan dari pomparan Borsak Sirumonggur adalah dari Sariburaja, Mambirjalang dan Pareme.

1 komentar:

  1. Horas
    Memang Marga Sitindaon alias " Raja Gumontam Tunggarnageduk Sitindaon " itu masuk marga sihombing Lumbantoruan Siraja Hariara Sariburaja ini juga sesuai dgn isi Buku Sejarah Perkembangan Marga Marga Batak edisi thn 1956 oleh Amani Ihut N Siahaan dan Leaplet Silsilah Batak oleh Dinas Parawisata Propinsi Sumatera Utara yg kami dapat thhn 1997, dan pasti thn 1990 itu ada horja tsb ini semua komitmen penatua penatua yang ikut rapat d sibual bual samosir thn 1935 , dan karena masih ada marga sitindaon yang tidak konsisten atas marganya ( kadang disebut silalahi , kadang Naibaho , kadang .... maka Orang tua kami ( DiTambunan Balige , di Nagatimbul Uluan Tobasa , di Janjiraja , di Pakkat, di Barus dan banyak lagi lokasi tersebar .. dairi , kotacane dll ) yang masihol di marga i bersepakat ditahun 1953 yang setuju Sitindaon keturunan sihombing lumban taruan merobah marhga anak anaknya ( keturunannya menjadi sihombing inilah yang sebenarnya di sejarah marga Sitindaon yang sampai thn 1950 satu menjadi keturunan Sihombing
    Sangat disayangkan Appara dikaitkan ini dengan keturunan Haha doli Huta Gurgur Si Raja Datu Galapang , sangat jauh ceritanya , dan juga dgn Boru Naetang.

    BalasHapus