Kamis, 01 Maret 2012

DATU PARULAS DAN DATU GALAPANG SIHOMBING.

Didok turi-turian luarbiasa do kehebatan ni Datu Parulas molo sanga rap dohot anggina Datu Galapang. Mereka berdua kalau bersama-sama dalam satu tempat sangat disegani dan ditakuti kawan dan lawan. Tak lama setelah beranak cucu mereka meninggalkan Sibaragas dan Lintongnihuta dan anak2 mereka tidak ada yang mengikuti jejak mereka. Datu Galapang pergi kearah Dairi sementara Datu Parulas ke Samosir terus ke Simalungun. Ada cerita bahwa Datu Parulas menurunkan marga2 baru sejumlah 14 marga ( akan saya coba menelusuri dan menuliskannya belakangan hari ), yang mana kebenarannya masih tanda tanya. Suatu ketika Datu Parulas sampai didaerah Tomuan Siantar pada masa tuanya dan mengorek pohon besar yang tumbuh lebat sebagai tempat wafatnya tetapi tidak jadi karena tidak ada yang menutup dari luar, sehingga beliau wafat di tempat keramat Perdagangan. Pada tahun 1961 terjadi saling claim Sihombing Lumbantorua dengan marga Nainggolan Lumbanraja tentang Datu Parulas yang wafat di Keramat Perdagangan ini. Saat ini yang berlaku adalah bahwa Datu Parulas yang wafat di keramat itu adalah dari Nainggolan Lumbanraja, tetapi saya sangat meyakini bahwa sebenarnya beliau adalah Datu Parulas anak Tuan Hinalang anak Hutagurgur anak Borsak Sirumonggur Lumbantoruan. Datu Galapang sendiri sampai ke Gayo dan Bupati Aceh Tenggara suatu ketika mengakui bahwa dia adalah anak Datu Galapang Sihombing dan jadi pertanyaan mengapa pomparan Sihombing sangat banyak di Kotacane. Akan hal anak2 Datu Galapang di Dairi yaitu marga2 Bintang, Sambo, Kudadiri menggabungkan diri dengan pomparan Raja Oloan.

10 komentar:

  1. Selamat atas dipilihnya Ama Rotua sebagai Ketua Borsak Sirumonggur Kota Pematangsiantar Periode 2012 s/d 2015

    BalasHapus
  2. ise do na toho anak ni tolpak lading do bintang manang anakni datu galapang? molo na hu jaha anakni op.tolpak lading do bintang kudadiri,angkat,ujung,sinamo,capa...alai molo bapakna marhaha maranggi ma..Op.Porhasjapjap anakna ma Datu Galapang,alai anggo Tolpak Lading mangarattoma tu Dairi tubu anakni 7 ima si pitu marga (Naga Jambeh)

    BalasHapus
  3. boha do bahenonta mangurupi ito si florence na di jokja i.

    BalasHapus
  4. Bh dg sala i alana legenda ni i nga cukup leleng i ihami msak i sihombing tahun 1961

    BalasHapus
  5. Adakah yg tau dimana kira2 makam op datu galapang ?

    BalasHapus
  6. (Komentar hubungan Sihombing Lumantoruan dengan Girsang dan sejarah asal mula suku Batak)
    Yg pernah saya ketahui bahwa Girsang juga Sihombing Lumbantoruan keturunan dari Op. Parulas yg merantau ke Simalungun dan Girsang itu adalah pomparan nya yg paling kevil.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang saya ketahui malah girsang keturunan sihombing lumbantoruan tapi bukan dari datu parulas tapi anak dari op. sangkap doli lumbantoruan (hariara - raja pendek - namuningan - parhudatar - op. sangkap doli - girsang)) atau dengan kata lain adik op.parulas

      Hapus
  7. Maka ada tanah Girsang di daerah Simalungun tepatnya di dekat Parapat juga adalah karena Girsang yg pertama kali, dia diancam oleh penduduk asli Simalungun sehingga dia ketakutan dan dia berdoa ke opung mulajadi nabolon dan kemudian dia mengambil sebuah batu dan melemparnya ke arah langit dan ternyata batu itu jatuh sangat jauh dan mulai saat itulah luas tanah Girsang yg ada di Parapat.
    Terimakasih

    BalasHapus